Senin, 09 November 2015

Pengertian Gluten Free atau Free Gluten


www.BrowniesMocaf.com - Pernah mendengar pengertian gluten free atau free gluten sebelumnya? Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu apa itu gluten. Gluten adalah salah satu jenis protein yang banyak dikandung dalam makanan sarat dengan diet, seperti gandum, barleu dan lainnya. Protein ini sangat tinggi sehingga bagi sebagian orang yang tidak dapat mentoleransi kandungan gluten yang berlebihan, akan berpengaruh terhadap kondisi tubuh dan emosionalnya. Namun, penderitanya sendiri jarang menyadari hal tersebut.
Kemudian gluten free yang biasanya dilakukan dalam diet gluten free, merupakan upaya untuk menghindari mengkonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung gluten. Diet gluten free ini sangat bermanfaat bagi para penderita celiac, atau gangguan pada sistem pencernaannya karena tidak bisa menerima zat-zat tertentu dalam tubuh, yang dibawa oleh makanan. Jadi celiac ini semacam alergi yang ditimbulkan dari makanan. Bisa terjadi ruam, gatal, atau peradangan. Pada kasus tertentu juga penderita dapat mengalami muntah-muntah karena alergi tadi. Lebih parah, penderita celiac dapat mengalami serangan autoimun terhadap ususnya, sehingga terjadi peradangan, gangguan pencernaan yang serius sehingga penderita akan berpotensi kehilangan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Diet gluten free dapat dilakukan dengan menghindari makanan kaya gluten. Kemudian menggantinya dengan makanan yang rendah gluten. Secara alami, masih banyak makanan yang rendah gluten dan mudah diperoleh. Seperti jenis kacang-kacangan, jagung, buah, sayuran, daging ayam atau unggas, daging sapi, ikan, makanan olahan dari susu, nasi serta kentang.
Untuk bahan baku makanan seperti tepung beras, sorgum tapioka, tepung garut, beras, dan biji-bijian dapat digunakan untuk membuat makanan rendah gluten. Bahan-bahan tersebut sudah sangat mudah diperoleh karena dalam kemasannya akan memberikan keterangan bebas gluten.

Bagi orang Indonesia dan sebagian Asia, dimana konsumsi kebutuhan makanan pokok dengan mengkonsumsi beras, tentu tidak menjadi soal untuk melakukan diet gluten free. Karena keseharian kebuituhan makanan sudah dipenuhi nasi. Sedangkan kebutuhan serat dan juga nutrisi lainnya dipenuhi dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Selain itu, diet ini juga tidak akan menimbulkan efek samping yang berarti karena tidak menggunakan obat-obatan, dan justru membantu menghemat dengan biaya yang murah.

Browkaf adalah brownis yang tidak menggunakan tepung terigu seperti pada umumnya brownis di pasaran. Sesuai dengan namanya, Browkaf menggunakan tepung mocaf sebagai pengganti tepung terigu, Dan karena tepung mocaf merupakan bahan yang gluten free, Browkaf menjadi alternatif cemilan sehat bagi mereka yang ingin menghindari gluten atau memerlukan diet yang guten free.
untuk memesan Browkaf, bisa melalu FP kami di Facebook, atau langsung melalui:
Telepon : 081314253609
Wa/sms : 081586710070

Tidak ada komentar:

Posting Komentar