Sabtu, 31 Oktober 2015

Keunggulan Tepung Mocaf

Tanaman yang memiliki nama latin Manihot esculenta atau yang lebih sering kita kenal sebagai singkong, merupakan sumber makanan yang memiliki kandungan energi dan karbohidrat yang tinggi. Oleh karena itu, di beberapa negara seperti Afrika dan bahkan Indonesia sendiri singkong menjadi bahan makanan pokok. Hal inilah yang mendorong terciptanya suatu produk olahan singkong yang baru yaitu tepung mocaf. Tepung mocaf adalah tepung yang terbuat dari singkong yang mampu menggantikan kebutuhan penggunaan tepung gandum. Mungkin masih banyak orang yang tidak mengetahui bahwa tepung gandum yang ada di pasaran Indonesia merupakan produk impor. Keunggulan tepung mocaf sendiri sangatlah beragam, dari segi manfaat pada konsumen hingga produsen tepung mocaf itu sendiri.


Modified Cassava Flour atau mocaf dibuat dengan cara memodifikasi sel dari ubi kayu melalui proses fermentasi. Modifikasi inilah yang membuat terbentuknya tepung mocaf dengan kualitas yang lebih baik dari tepung lainnya. Antara lain viskositas dari tepung mocaf sangat tinggi dengan daya dehidrasi, kemampuan gelasi dan kemudahan dalam proses pelarutan tepung mocaf. Karakteristik kualitas tepung mocaf tersebut yang sangat menyerupai tepung terigu membuat tepung mocaf sangat cocok untuk menggantikan fungsi dari tepung terigu dalam kebutuhan industri makanan.

Tepung mocaf memiliki nilai prospek pengembangan yang sangat tinggi, baik sebagai peluang bisnis ataupun untuk menjaga ketahanan pangan nasional. Hal ini sangat terlihat jelas, karena Indonesia memiliki ketersediaan bahan baku singkong yang sangat berlimpah jumlahnya. Selain itu, harga tepung mocaf yang dipatok lebih murah dari harga tepung terigu ataupun tepung beras akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon konsumen.

Target pemasaran yang lebih luas lagi dapat ditujukan pada industri-industri makanan. Indonesia memiliki banyak industri makanan yang menggunakan tepung sebagai bahan baku utamanya. Jenis, karakteristik dan bahkan kualitas dari tepung mocaf yang mampu bersaing dengan tepung lainnya tentu bisa membuat para pemilik industri makanan untuk tertarik dan beralih menggunakan tepung mocaf. Jika dengan harga yang murah mampu mendapatkan kualitas yang sama, kenapa tidak untuk mulai beralih menggunakan tepung mocaf.


Brownies Mocaf, Browkaf 

2 komentar:

  1. Hmm is anyone else having problems with the pictures on this blog loading? I'm trying to figure out if its a problem on my end or if it's the blog. Any suggestions would be greatly appreciated. paypal login my account

    BalasHapus

  2. certainly like your web site however you need to take a look at the spelling on several of your posts. A number of them are rife with spelling issues and I to find it very troublesome to inform the truth however I'll definitely come back again. outlook 365 email login

    BalasHapus